Join The Community

Search

Jumat, 06 Juli 2012

PENGERTIAN / DEFINISI AL-QURAN



Pengertian Al-Quran meliputi dua hal, yaitu secara bahasa dan secara istilah, masing-masing sebagai berikut :


a. Pengertian Al-Quran secara bahasa
Lafadzh Qara`a mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qira`ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata satu dengan yang lain dalam suatu ucapan yang tersusun rapih. Qur`an pada mulanya seperti qira`ah , yaitu masdar (infinitif) dari kata qara`a qira`atan, qur`anan. Sebagaimana dalam firman Allah SWT :

Artinya : "Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu`. (Al-Qiyamah : 17-18)

Qur`anah berarti qiraatun (bacaannya/cara mem bacanya). Jadi kata itu adalah masdar  menurut wazan (tasrif, konjugasi)`fu`lan` dengan vokal `u` seperti `gufran` dan `syukran`.Kita dapat mengatakan qara`tuhu , qur`an, qira`atan wa qur`anan, artinya sama saja. Di sini maqru` (apa yang dibaca) diberi nama qur`an (bacaan); yakni penamaan maf`ul dengan masdar.

b. Pengertian Al-Quran secara Istilah
Para ulama menyebutkan definisi quran yang mendekati makananya dan  mebedakannya dari yang lain dengan menyebutkan bahwa:

Artinya : "Quran adalah kalam atau firman Allah yang diturunkan kepada Muhammad saw. Yang pembacanya merupakan suatu ibadah."


Penjelasan Arti Quran secara istilah , adalah sebagai berikut :
1. Definisi`kalam `(ucapan) merupakan kelompok jenis yang meliputi segala kalam . Dan dengan menghubungkannya dengan Allah ( kala mullah ) berarti tidak semua masuk dalam kalam manusia, jin dan malaikat.
2. Batasan dengan kata-kata (almunazzal)`yang diturunkan` maka tidak termasuk kalam  Allah yang sudah khusus menjadi milik-Nya. Sebagai mana disebutkan dalam Firman Allah :`Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu `.(al-Kahfi : 109).
3. Batasan dengan definisi hanya `kepada Muammad saw` Tidak termasuk yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya seperti taurat, injil dan yang lain.
4. Sedangkan batasan (al-muta'abbad bi tilawatihi) `yang pembacanya merupakan suatu ibadah` mengecualikan hadis ahad dan hadis-hadis qudsi .


Catatan : Perlu saya tambahkan definisi lain tentang Al-Quran yang lebih lengkap yaitu :

Artinya : "Kalam Allah yang bersifat mukjizat, yang diturunkan kepada Mu a mmad SAW, tertulis di mushaf , diriwayatkan secara mutawattir, dan membacanya adalah ibadah ."

0 komentar:

Posting Komentar